Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Perlu Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Kebiasaan yang sudah lama dijalankan semenjak dulu ini menjadi prosesi patut dalam tiap-tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang bingung sebetulnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah seketika aja Sputnik beri tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang umumnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Perlengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai wujud dan simbol pengarahannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Kelengkapan Mandi

Lazimnya untuk peralatan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan bebauan.

Baju Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Namun untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih menawan.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita sungguh-sungguh concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh keinginan. Akan melainkan untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Kalau sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Peralatan Pesta

Peralatan pesta ini pelbagai – tipe isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai wujud hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kebiasaan kultur contohnya betawi seharusnya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian budaya yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sesungguhnya ngga ada ketentuan patut. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian adat istiadat seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item semestinya banget yang patut sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tetapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih simpel dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita berkeinginan memberikan apa saja karena sebetulnya isi seserahan untuk pria tak sepatutnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Lamaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *